PENGARUH KEPUASAN TERHADAP PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH

  • Veny Pitriani Rohmah
  • Basiran
  • Anwar Sanusi
Keywords: Satisfaction, Products, Rates, Services, Kepuasan, Produk, Tarif, Jasa, Pelayanan

Abstract

ABSTRAK

It has been a decade that the phenomenon of the development of banking with the principle of sharia (Islam) has penetrated Indonesia as a country with a large majority of Muslims. Its development was felt in various big cities in Indonesia, including Bandung as the capital city of West Java, which has a Muslim population of around 85%. MUI fatwa on halal and haram bank interest becomes a challenge for Islamic banks to better demonstrate their advantages. Both Islamic banks and banks with Sharia Business Unit status, they all strive to be the best. This is evidenced by the increasing number of banks implementing the Dual Banking System in which banks that have implemented conventional banking systems form Islamic banking units. Even now there are several foreign banks operating in Indonesia opening sharia service offices as a competitive strategy in the open market.

ABSTRAK

Sudah satu dasawarsa fenomena berkembangnya perbankan dengan prinsip syariah (Islam) merambah di Indonesia sebagai negara yang hampir sebagian besar penduduknya beragama Islam. Perkembangannya pun dirasakan di berbagai kota-kota besar di Indonesia, tak terkecuali Bandung sebagai ibu kota daerah Jawa Barat, yang jumlah penduduk muslimnya sekitar 85%. Fatwa MUI tentang halal dan haramnya bunga bank menjadi sebuah tantangan bagi bank syariah untuk lebih menunjukkan keunggulan-keungulan mereka. Baik bank Umum Syariah atau pun bank dengan status Unit Usaha Syariah, mereka semua berusaha untuk menjadi yang terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya bank yang menerapkan Dual Banking System dimana bank-bank yang sudah menerapkan sistem perbankan konvensional membentuk unit-unit perbankan syariah. Bahkan kini ada beberapa bank asing yang beroperasi di Indonesia membuka kantor layanan syariah sebagai strategi bersaing dalam pasar terbuka.

Published
2019-08-30
How to Cite
Veny Pitriani Rohmah, Basiran, & Anwar Sanusi. (2019). PENGARUH KEPUASAN TERHADAP PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH . Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(1). Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/9