STRATERGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI BMT ADZKIYA KHIDMATUL UMMAH (AKU) KOTA METRO TAHUN 2018-2019

  • Rio Dermawan
Keywords: Strategy, Murabahah Financing, Pembiayaan Murabahah

Abstract

Strategy is a method or method used by companies for specific purposes. In the Syria'ah Financial Institution (LKS), the strategy is not only based on goals, but more on how to achieve them also needs to be considered. The results and achievements will be different, companies that apply religious norms and good values. With companies that don't apply. This study aims to find out about how the Murabahah Product Marketing Strategy at BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU), Metro City in 2018-2019. This study uses data collection techniques with interview and documentation methods. Based on the results of research and discussion of the implementation of marketing strategies at BMT AKU Metro city, it can be concluded that the factor for the decrease in the number offinancing figures murabahah from 2018-2019 is not the implementation of the marketing strategy. But there are outsiders, such as banks conventional entry into the market BMT, and offering loans to BMT partners at low interest rates.

ABSTRAK

 

Strategi  merupakan  cara  atau  metode  yang  digunakan  oleh  perusahaan untuk  tujuan  tertentu. Dalam  Lembaga  Keuangan  Syria’ah  (LKS)  strategi bukan hanya   bertumpu   pada tujuan   saja, tapi  lebih  kepada   bagaimana   cara  untuk mencapainya juga perlu untuk diperhatikan. Hasil dan capaian akan berbeda, perusahaan  yang  menerapkan norma agama dan  nilai  baik. Dengan  perusahaan yang  tidak   menerapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang   bagaimana Strategi Pemasaran Produk Murabahah di BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) kota Metro Tahun 2018-2019. Penelitian ini  menggunakan  tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil  penelitian dan pembahasan tentang penerapan strategi pemasaran di BMT AKU kota   Metro, dapat diambil kesimpulan bahwa yang  menjadi faktor menurunya jumlah angka  pembiyaan murabahah dari tahun 2018-2019 bukan pada penerapan strateginya pemasaranya. Melainkan ada pihak luar, seperti bank konvesional yang masuk   kedalam market BMT, dan menawarkan pinjaman kepada mitra BMT dengan bunga yang rendah.

Published
2020-12-30