PERAN LAYANAN JASA DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN WISATAWAN DAN MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA OBYEK WISATA HUTAN MANGROVE PANDANSARI BREBES

  • Abdul Aziz
  • Isoh Mukhlisoh
  • Agus Abikusna
Keywords: Quality, Service, Merit, Tourist, Satisfaction, Kualitas, Layanan, Jasa, Wisatawan, Kepuasan

Abstract

ABSTRACT
Tourism needs services in the hope of being able to provide decent services for tourist to feel comfortable in visiting, so that it can provide satisfaction from that satisfaction will cause a sense of interest in visiting. Therefore, this study aims to find out how the effect of quality of tourist service towards tourist satisfaction and revisiting interest at tourism place of mangrove forest. Padansari Brebes.This study uses a quantitative approach. The data used in this study are primary data with data collection techniques through questionnaires with 96 respondents. Data analysis using simple linear regression with validity and reliability testing while testing partially through the t test.In addition conducted the basic assumption test. Where all test the SPSS version 20 program tool.

ABSTRAK
Adanya layanan jasa bagi dunia pariwisata diharapan mampu memberikan layanan yang layak untuk wisatawan agar merasakan kenyamanan dalam berkunjung sehingga dapat memberikan rasa puas dari kepuasan tersebuat akan menimbulkan rasa minat berkunjung ulang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan jasa wisatawan terhadap kepuasan wisatawan dan minat berkunjung ulang pada Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Dengan jumlah responden 96 orang. Analisis data menggunakan regrensi linear sederhana, dengan pengujian validitas, dan pengujian reliabilitas. Sedangkan pengujian secara persial uji t. selain itu, dilakukan uji asumsi dasar, dimana semua pengujian tersebut
menggunakan alat bantu program SPSS versi 20.

Published
2019-08-30
How to Cite
Abdul Aziz, Isoh Mukhlisoh, & Agus Abikusna. (2019). PERAN LAYANAN JASA DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN WISATAWAN DAN MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA OBYEK WISATA HUTAN MANGROVE PANDANSARI BREBES. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(1). Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/8