PENGARUH MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, DAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROTI LOVER

Keywords: Marketing Mix, Product, Price, Distribution, Produk, Kepuasan Konsumen, Harga

Abstract

This study aims to determine the effect of product, price and distribution of customer satisfaction of bread lover. And this research also aims to analyze the most dominant factor influence on consumer satisfaction. The population used in this study were consumers who had or had ever enjoyed bread lover. The sample in this research are 100 respondents and the technique used is Non-probability sampling technique with purposive approach.

From the results of the analysis, the indikators in this study are valid and the variables are valid. And the most dominant factor affecting consumer satisfaction is the product variable (with t_hitung value of 7,233), then followed by the price variable and the last is the promotion variable. The independent variables in this study are good enough to explain the dependent variable (consumer satisfaction). And together these three free variables have a value F_hitung of 59,586. and affect this variable of customer satisfaction by 64%.

And the results of his research is showing that the product, price and distribution have a significant effect on customer satisfaction on the purchase of bread lover. But here the distribution, no significant effect on customer satisfaction in purchasing bread lover. Suggestions that can be given is that the producers of bread lover further improve the quality of bread lover.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan distribusi terhadap kepuasan konsumen roti lover. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau yang sudah pernah menikmati roti lover. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan purposive.

Dari hasil analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya valid. Dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel produk (dengan nilai t_hitung sebesar 7.233), kemudian diikuti variabel harga dan terakhir adalah variabel promosi. Variabel-variabel independen pada penelitian ini sudah cukup baik dalam menjelaskan variabel dependennya (kepuasan konsumen). Dan secara bersama-sama ketiga variable bebas ini mempunyai nilai F_hitung sebesar 59.586. dan mempengaruhi variable kepuasan konsumen ini sebesar 64 %.

Dan hasil penelitiannya yaitu menunjukkan bahwa produk, harga dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen terhadap pembelian roti lover. Namun disini distribusi, berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian roti lover. Saran yang dapat diberikan adalah agar produsen roti lover lebih meningkatkan kualitas roti lover.

Published
2019-12-30
How to Cite
Yusuf, E. S. Y. H. (2019). PENGARUH MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, DAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROTI LOVER. Jurnal Ekonomi Manajemen, 14(3), 40 - 47. Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/72