Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMK Al Ma’arifah Gempol Kabupaten Cirebon

  • Ellin Herlina
Keywords: Leadership, Work Motivation, Teacher Performance, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Abstract

 

This research aims to know the relationship of principal leadership effectiveness, motivation of working with teacher performance. To find out the effectiveness of the relationship of principal leadership and motivation of working together with the performance of teachers SMK AL MA'ARIFAH Gempol Kab. Cirebon. The method used is descriptive quantitative approach. The population in this study are teachers SMK AL MA'ARIFAH Gempol Kab. Cirebon consisting of 30 people, the total sample. Data analysis using correlation analysis of double

                The results of the analysis of the data shows: picture of the effectiveness of the leadership of the headmaster MK AL MA'RIFAH Gempol, Cirebon district already good reach 56.50% included in the category of Work Motivation, kriterium Teacher at SMK AL MA'RIFAH Gempol, Cirebon district is already good, achieve 55.23% included on category kriterium medium, Performance Teacher at SMK AL MA'RIFAH Gempol, Cirebon district already good reach 56.70% included on category kriterium. There is a significant relationship between Principal Leadership Effectiveness (X 1) and the performance of the teachers (Y). The resulting correlation number of 0.824 included in the category of strong relationships. There is a significant relationship between Principal Leadership Effectiveness (X 1) and Work Motivation Guru (X 2) and the performance of the teachers (Y) of 0.860, this indicates that the variable has a third very strong relations are on the purposes limits the interpretation of the value of R between 0.80-1.000. So it can be inferred the principal leadership Effectiveness is related significantly to the performance of work and motivation of teachers.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dengan Kinerja guru. Untuk mengetahui hubungan  efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK AL MA’ARIFAH Gempol Kab. Cirebon. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini  adalah  guru SMK AL MA’ARIFAH Gempol Kab. Cirebon yang terdiri dari  30 orang, sampel total. Analisis data menggunakan analisis korelasi ganda

Hasil analisis data menunjukkan: Gambaran Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah MK AL MA’RIFAH Gempol Kabupaten Cirebon sudah baik, mencapai 56,50% termasuk pada kategori kriterium sedang, Motivasi Kerja Guru pada SMK AL MA’RIFAH Gempol Kabupaten Cirebon sudah baik, mencapai 55,23% termasuk pada kategori kriterium sedang, Kinerja Guru pada SMK AL MA’RIFAH Gempol Kabupaten Cirebon sudah baik, mencapai 56,70% termasuk pada kategori kriterium sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Kinerja Guru (Y). Angka korelasi yang dihasilkan sebesar 0,799, termasuk pada kategori hubungan yang kuat. Terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja Guru  (X2) dengan Kinerja Guru (Y). Angka korelasi yang dihasilkan sebesar 0,824 termasuk pada kategori hubungan yang kuat. Terdapat hubungan yang signifikan antara Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Kerja Guru (X2) dengan Kinerja Guru (Y) sebesar 0,860, hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang sangat kuat berada pada batasan tafsiran nilai R  antara  0,80 - 1,000. Sehingga dapat disimpulkan Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah berhubungan signifikan terhadap motivasi kerja dan  kinerja guru.

Published
2019-08-31
How to Cite
Ellin Herlina. (2019). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMK Al Ma’arifah Gempol Kabupaten Cirebon. Jurnal Ekonomi Manajemen. Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/50
Section
Articles