IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PENGUSAHA MUSLIM TERHADAP PELANGGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi Di Kel. Watubelah Kec. Sumber Kab. Cirebon)

  • Rohmatul Fawaiz
Keywords: Implementation of Business Ethics Muslim Businessmen Against subscriber, employees, . Implementasi Etika Bisnis Pengusaha Muslim Terhadap pelangan, karyawan

Abstract

Abstract

 

This study aims to determine whether business ethics in ministry have a positive effect on customer loyalty in a garment company in kel. Perbutulan kec.sumber kabpaten Cirebon well as to determine whether the quality of business ethics in the service partially significant effect on employee loyalty perruahaan convection in kel .perbutulan excl. Source kab. Cirebon. The research method in this study is the quantitative methods to process the data obtained from the study site, the data in the form of numbers or quantitative data that is lifted. The sample was 85 respondents customers and employees were taken using a non-probability sampling method type of purposive sampling, because in determining the sample in this study no consideration certain criteria, namely the samples must be the customers and employees who are already established business relations at least 3 months in companies convection kel perbutulan the kab.Cirebon. The analysis used in this research is descriptive analysis and quantitative analysis which include validity, reliability, simple linear regression, hypothesis testing with partial regression test (t test).

Results of analysis using simple linear regression through simple regression equation Y = 34 747 + 0,237x can be seen that the regression equation showed a positive influence of the variables of service quality to customer and employee loyalty. This means that any increase in the variable X by 1, then the effectiveness of customer loyalty and employee control will be realized by 0.237. The results of the analysis using the t test was tcount greater than ttable (1.679> 1.663) so it can be concluded that there is partial significant influence of the variable quality of service to business ethics in customer loyalty and employee convection in kel. Perbutulan excl. Source kab. Cirebon, then it will be accepted and Ha Ho is rejected.

 

 

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etika bisnis dalam pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan konveksi di kel. Perbutulan kec.sumber kabpaten   Cirebon serta untuk mengetahui apakah kualitas etika bisnis dalam pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan pada perruahaan konveksi di kel .perbutulan kec. Sumber kab. Cirebon. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif untuk mengolah data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian, merupakan data yang berbentuk angka atau data kuantitatif yang diangkat. Sampel yang digunakan berjumlah 85 responden pelanggan dan karyawan yang diambil dengan teknik non probability sampling yaitu dengan metode jenis purposive sampling, karena dalam menentukan sampel pada penelitian ini ada pertimbangan kriteria tertentu, yaitu sampel haruslah pelanggan dan karyawan yang sudah menjalin hubungan bisnis minimal 3 bulan di perusahaan konveksi kel perbutulan kab.Cirebon tersebut.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji hipotesis dengan uji regresi secara parsial (uji t).

Hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana melalui persamaan regresi sederhana Y = 34.747 + 0,237x dapat diketahui bahwa persamaan regresi menunjukan suatu pengaruh yang positif dari variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan karyawan. Hal ini berarti, setiap kenaikan variabel X sebesar 1, maka efektifitas pengendalian loyalitas pelanggan dan karyawan akan terwujud sebesar  0,237.  Hasil analisis menggunakan uji t adalah thitung lebih besar dari pada ttabel (1,679 > 1,663) sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan secara parsial dari variabel kualitas etika bisnis dalam pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan karyawan pada usaha konveksi di kel. Perbutulan kec. Sumber kab. cirebon, maka Ha akan diterima dan Ho ditolak.

Published
2019-08-31
How to Cite
Rohmatul Fawaiz. (2019). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PENGUSAHA MUSLIM TERHADAP PELANGGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi Di Kel. Watubelah Kec. Sumber Kab. Cirebon). Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(2). Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/44