PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN

  • Indra Surya Permana
  • Retina Sri Sedjati
  • Dedi Somantri
Keywords: Behavioral, Knowledge, Service Quality, Patient Satisfaction, Perilaku, Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Knowledge

Abstract

Abstract
This research is a descriptive verification study using cross sectional study. In a cross sectional study, researchers looked for the relationship between independent variables and dependent variables. The independent variable in this study is the influence of DOTS service factors which consist of the dimensions of the Behavior, Knowledge and Quality of health workers. The dependent variable in this study is patient satisfaction. Based on the partial test results, it turned out that the independent variables of behavior, knowledge and quality of service have a partial effect on patient satisfaction in the Outpatient Room at the Lung Hospital of West Java Province. Based on the results of simultaneous testing it turns out that the dependent variable of behavior, knowledge and quality of service together have a significant effect on patient satisfaction in the Outpatient Hospital of the West Java Province Lung Hospital. 

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yaitu menggunakan studi cross sectional. Dalam penelitian cross sectional, peneliti mencari hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat . Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengaruh faktor- fator pelayanan DOTS yang terdiri dari dimensi Perilaku, Pengetahuan Dan Kualitas pelayan petugas kesehatan. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kepuasan pasien. Berdasarkan hasil uji parsial ternyata variabel bebas perilaku, pengetahuan dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh secara parsial terhadap Kepuasan pasien di Ruang Rawat jalan di Rumah Sakit Paru Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan hasil uji simultan ternyata variable terikat perilaku, pengetahuan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat jalan Rumah Sakit Rumah Sakit Paru Provinsi Jawa Barat.

Published
2019-08-30
How to Cite
Indra Surya Permana, Retina Sri Sedjati, & Dedi Somantri. (2019). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1(1). Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/19