PERANAN ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL

  • Siti Nur Hazizah UIN Sumatera Utara
  • Nuri Aslami UIN Sumatera Utara
Keywords: Bisnis Internasional, Etika Bisnis, Tanggungjawab Sosial

Abstract

Abstrak

Bisnis internasional terjadi salah satunya karena ketidakmampuan suatu negara dalam memenuhi semua kebutuhan negaranya, oleh karena itu muncul ide untuk menjalin kerja sama antara satu negara dan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran etika dan tanggung jawab sosial dalam bisnis internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan dan menguraikan peran etika dan tanggung jawab sosial dalam bisnis internasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari jurnal ilmiah dan publikasi lain yang layak menjadi sumber penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika dan tanggung jawab bisnis sosial memiliki peran yang sama yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan dan mengembangkan perusahaan. Sebuah bisnis tidak akan dapat berkembang tanpa peran konsumen, karena tujuan utama perusahaan selain mendapatkan keuntungan adalah untuk dapat menarik minat konsumen dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan mitra bisnis.

Kata Kunci: Bisnis Internasional, Etika Bisnis, Tanggungjawab Sosial

 

References

Budhi Wilardjo, Setia. 2011. Menjalankan Bisnis Secara Etis Dan Bertanggung Jawab. Jurnal Unimus Vol 7, No 2.
Durin, Ramzi. 2020. Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Valuta Vol. 6, No 1.
Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori Dan Kenyataan. Jakarta: Media Persindo.
Satria Pratama, Panji. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Boyolali Dalam Program Corporate Social Responsibility PT. SIDOMUNCUL. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Supranyo, 2010. Corporate Social Responsibility, Teori Dan Praktik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Triastity, Rahayu. 2010. Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal ekonomi dan Kewirausahaan Vol 10, No 1.
Published
2022-01-01
How to Cite
Siti Nur Hazizah, & Nuri Aslami. (2022). PERANAN ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL . Jurnal Ekonomi Manajemen, 16(2), 78-90. Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/115