STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL

  • Winda Suciani Siregar UIN Sumatera Utara
  • Septiana Sara Lubis UIN Sumatera Utara
  • Haris Muda H. Pasaribu
  • Andriyan Syahputra UIN Sumatera Utara
  • Suhairi UIN Sumatera Utara
Keywords: Marketing Strategy, Export Activities, Global Market, Strategi Pemasaran, Kegiatan Ekspor, Pasar Global

Abstract

Abstract

The development of technology, information and communication resulted in the globalization of the world which took place rapidly and dynamically. Globalization brings changes in various everyday problems such as social, monetary, and cultural. Especially in the economic field which has big consequences for changes in the governance of business cooperation and competition as well as the tasks of governments in various worlds. Therefore, this requires business people to continue to innovate in the face of increasingly fierce competition, because competition does not only come from local business competition but has penetrated into world associations. The component that drives this paper is to observe the marketing strategies used by companies to assist export activities. The method used in writing this scientific paper is to use the literature study method. Where researchers look for discussion material from the internet and books in the library. Through this research, it is expected to be able to identify problems or obstacles from the marketing strategy used as well as alternative solutions to existing problems to achieve an improvement in performance towards a better direction.

Abstrak

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi mengakibatkan terjadinya globalisasi dunia yang berlangsung cepat dan dinamis. Globalisasi membawa perubahan di berbagai persoalan sehari-hari seperti sosial, moneter, dan budaya. Terutama dalam bidang ekonomi yang memiliki konsekuensi besar untuk perubahan tata kelola kerja sama dan persaingan bisnis serta tugas pemerintah di berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, hal ini menuntut para pebisnis untuk terus melakukan inovasi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, karena persaingan tidak hanya datang dari persaingan bisnis lokal tetapi telah merambah ke asosiasi dunia. Adapun komponen yang mendorong tulisan ini adalah untuk mengamati strategi pemasaran yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk membantu kegiatan ekspor. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Dimana peneliti mencari bahan diskusi dari internet dan buku-buku yang ada di perpustakaan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diidentifikasi permasalahan atau hambatan dari strategi pemasaran yang dipakai serta alternatif pemecahan masalah yang ada untuk mencapai suatu perbaikan kinerja ke arah yang lebih baik

Published
2021-12-30
How to Cite
Siregar, W. S., Septiana Sara Lubis, Pasaribu, H. M. H., Andriyan Syahputra, & Suhairi. (2021). STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL. Jurnal Ekonomi Manajemen, 16(2), 42-48. Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/113