Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Cabang Arjawinangun

  • Arin Krisnawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
  • Vina Andita Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
  • Agung Pramayuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
Keywords: Service Quality, Customer Loyalty, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Service Quality on Customer Loyalty at PT. Pegadaian Arjawinangun Branch. The research method used is quantitative associative method. The population in this study were 8,322 loan customers. The sampling technique used a simple random technique with a sample of 99 customers. The method of collecting data is observation and questionnaires. The data analysis method used was validity test, reliability test, simple linear regression test, product moment correlation test, determination test, and hypothesis test (t-test). The results of research and partial testing (t test) show that the independent variable Marketing Services has a positive and significant influence on the Customer Loyalty variable because both variables have a Sig value < of 0.05.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Arjawinangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini nasabah pinjaman sebanyak 8.322 nasabah. Teknik sampling menggunakan teknik acak sederhana dengan jumlah sampel 99 nasabah. Metode pengumpulan data observasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji korelasi product moment, uji determinasi, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian dan pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel bebas Pelayanan Marketing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Nasabah  dikarenakan kedua variable memiliki nilai Sig < dari nilai 0,05.

Published
2021-06-30
How to Cite
Arin Krisnawati, Vina Andita Pratiwi, & Agung Pramayuda. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Cabang Arjawinangun. Jurnal Ekonomi Manajemen, 16(1), 35 - 44. Retrieved from https://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/103