PERAN E-COMMERCE DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA DEPAN

  • Faruq Abdul Majid Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ervana Ak’nes Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Aulia Khoirunnisa Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Gama Pratama Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Lisna Effrilian Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Kusmayadi Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • WisnuYus Fadillah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: E-commerce, Perekonomian Indonesia, Indonesia's Economy

Abstract

This journal reviews the role of e-commerce in the Indonesian economy in the future. Economic growth is inseparable from the extent to which the country utilizes existing technology, with this increasingly sophisticated technology comes e-commerce which has now become an alternative in buying and selling activities in Indonesia. E-commerce is now growing very rapidly every year so that it can help the Indonesian economy in the future. The method used in this study is a qualitative research method with data collection carried out by collecting data related to and related to E-commerce and the Indonesian economy. The purpose of this research is for readers to know the role of e-commerce for the Indonesian economy in the future. The results of this study indicate that Temasek and Bain E-Conomy Sea 2022 have released data and digital consumers where the data is the result of research through the Google Trend platform, in these data it predicts that over the next 12 months digital consumers will increase by 32%, from the previous which is only 50%, the data is the use of all E-Commerce which predicts an increase over the next 12 months, so it can be seen that if this figure continues to increase it will help the Indonesian economy in the future.

Abstrak

Jurnal ini mengulas tentang peran e-commerce dalam perkenomian Indonesia di masa depan. Pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari sejauh mana negara tersebut memanfaatkan teknologi yang ada, dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini hadirlah e-commercme yang saat ini telah menjadi salah satu alternatif dalam kegiatan jual beli di Indonesia. E-commerce kini berkembang dengan sangat pesat tiap tahunnya sehingga dapat membantu perkenomian Indonesia di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan mengumpulkan data-data yang berkaitan serta berhubungan dengan E-commerce dan perekonomian Indonesia. Tujuan dilakukan nya penelitian ini ialah agar pembaca mengetahui peran e-commerce ini untuk perekonomian Indonesia di masa depan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Temasek and Bain E-Conomy Sea 2022 telah merilis data dan konsumen digital dimana data tersebut adalah hasil penelitian melalui platform Google Trend, dalam data tersebut memprediksi selama 12 bulan kedepan mengenai konsumen digital meningkat sebesar 32%, dari sebelumnya yang hanya sebesar 50%, data tersebut adalah penggunaan seluruh E-Commerce yang memprediksi peningkatannya dalam kurun waktu selama 12 bulan kedepan, sehingga dapat dilihat jika angka ini terus menerus meningkat maka akan membantu perekonomian Indonesia di masa depan.

Published
2022-12-12
How to Cite
Faruq Abdul Majid, Ervana Ak’nes, Aulia Khoirunnisa, Gama Pratama, Lisna Effrilian, Kusmayadi, & WisnuYus Fadillah. (2022). PERAN E-COMMERCE DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA DEPAN . Jurnal Ekonomi Manajemen, 17(2), 8-16. Retrieved from http://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/132